Verifikasi Terkait Limbah B3 di Beberapa Fasyankes

(Pamekasan, 24/11/2021), Kegiatan rutin yang dilakukan oleh Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Pamekasan bukan hanya yang berhubungan dengan sampah, keindahan taman dan kebersihan jalan, akan tetapi juga mempunyai peranan penting dalam mengurus Izin Lingkungan, pemantauan dan pengawasan tehadap pelaku usaha dan/atau kegiatan, Sekolah Adiwiyata, dll. Pada hari ini Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Pamekasan melaksanan tugas verifikasi lapangan terkait Limbah B3 di fasiltas pelayanan kesehatan. Kegiatan ini untuk memastikan pemenuhan persyaratan administrasi dan teknis penyimpanan sementara Limbah B3 di beberapa fasyankes yang ada di Kabupaten Pamekasan.

Klinik Kecantikan Elysia Estetika
RS Kusuma Hospital
RS Mohammad Noer

Sampai saat ini ferifikasi lapangan telah terlaksana ke beberapa fasyankes yang terdiri dari Klinik Pratama As-Salamah, Klinik Ghana Prima, Klinik Pratama Polres Pamekasan, Laboratorium Klinik, Apotek Jokotole, Laboratorium Klinik, Rontgen Wijaya Kusuma, dan Laboratorium Klinik Medika. Selain itu juga melakukan survey lokasi ke beberapa tempat, diantaranya Klinik Kecantikan Elysia Estetika, Rumah Sakit Kusuma Hospital, Rumah Sakit Larasati, Rumah Sakit Mohammad Noer dan RSU As-Syifa Husada.

RSU As-Syifa Husada
Klinik Ghana Prima
Laboratorium Klinik Medika

Setiap pelaksanaan kegiatan, staf yang bertugas melakukan pencatatan hasil Limbah B3, melihat apakah tempat penyimpanan Limbah B3 sesuai dengan peraturan yang berlaku, mengecek log book limbah B3 padat, covid-19, dan cair, neraca limbah B3, uji air bersih, uji air limbah, manifes pengangkutan antara fasyankes dengan pihak ketiga.

Laboratorium Klinik dan Rontgen Wijaya Kusuma
RS Larasati
Klinik Pratama Polres Pamekasan
Laboratorium Klinik dan Apotik Jokotole

Kunjungan ini dilakukan oleh tim yang terdiri dari Kepala Bidang Pengelolaan Sampah, Sarana dan Prasarana Persampahan dan Limbah B3, Bapak Sahuri, SH, MM, Kepala Seksi Penangangan Limbah B3, Yuniar Prasvita Nasir, S.Sos, dan beberapa staf yang membidangi dan sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan. Kegiatan ini dilakukan karena kewajiban DLH, agar para fasyankes yang belum memenuhi dan ada kesalahan dalam pelaksanaannya dapat memperbaiki sehingga sesuai dengan peraturan dan perundang-undangan yang belaku.

NB :

  • Jumlah Fasyankes yang telah dikunjungi 11  Lokasi

Penanggung Jawab Berita :

Sekretariat DLH Kab. Pamekasan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *