Pemusnahan Rokok Ilegal di TPA Angsanah

(Pamekasan, 29/10/2021) Dalam rangka mengurangi peredaran Rokok Ilegal di Kabupaten Pamekasan Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean C Wilayah Madura melakukan Inspeksi Lapangan terhadap Peredaran Rokok Ilegal di 4 Kabupaten Wilayah Madura. Dari hasil tersebut tersita sekitar kurang lebih sebanyak  5 Juta Batang Rokok dengan tafsiran kerugian negara sejumlah 3 Milliar Rupiah. Terhadap barang sitaan tersebut, merupakan barang bukti yang harus dimusnahkan, oleh karena itu dibutuhkan lokasi yang sangat luas dan representatif untuk memusnahkan barang bukti tersebut.

Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) Angsanah di Kecamatan Palengaan merupakan lokasi yang tepat sebagai tempat pemusnahan sehingga harus bekerjasama dengan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Pamekasan. Pada hari Jum’at tanggal 29 Oktober 2021 Pukul 09.00 WIB terealisasi acara Pemusnahan Rokok Ilegal yang dihadiri oleh Bupati Pamekasan yang diwakili oleh Asisten Sekretariat Daerah, Kejaksaan Negeri Kabupaten Pamekasan, Plt. Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Sejumlah media di Kabupaten Pamekasan.

Adapun mekanisme Pemusnahan Rokok Ilegal sudah melalui Kajian Dampak Lingkungan yang sudah mengikuti aturan yang berlaku. Mekanimesnya adalah dengan menggali Lubang dengan ukuran 5 Meter x 10 Meter dengan kedalaman 5 Meter, setelah itu Rokok Ilegal dimasukkan ke dalam Lubang, kemudian di cacah dengan menggunakan Excavator.  Sebelum ditimbun dengan sampah, hasil cacahan tersebut disiram dengan IM-4 (Mikroba Pengurai) dengan tujuan agar Rokok Ilegal tersebut cepat terurai menjadi kompos. Setelah itu di timbun dengan tanah urug, kemudian dimampatkan.

Penanggung Jawab Berita :

Sekretariat DLH Kab. Pamekasan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *