Verifikasi Lapangan Untuk Memastikan Pemenuhan Persyaratan Administrasi dan Teknis Penyimpanan Sementara Limbah B3 di Beberapa Fasyankes dan Praktek Mandiri

(Pamekasan, 24/03/2021) Kegiatan rutin yang dilakukan oleh Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Pamekasan bukan hanya yang berhubungan dengan sampah, keindahan taman dan kebersihan jalan saja, tetapi juga DLH mempunyai peranan penting dalam mengurus izin lingkungan, pemantauan dan pengawasan pelaku usaha, yang berhubungan dengan sekolah adiwiyata, dan masih banyak lagi. Pada hari ini beberapa staf/staf yang mempunyai tugas untuk meninjau langsung ke lapangan sedang melakukan kegiatan rutinnya yaitu Verifikasi Lapangan Untuk Memastikan Pemenuhan Persyaratan Administrasi dan Teknis Penyimpanan Sementara Limbah B3 di Beberapa Fasyankes dan Praktek Mandiri yang berada di Kabupaten Pamekasan.

Klinik Kesehatan Sumber Bungur Pakong
Klinik Kesehatan Sumber Bungur Pakong
Puskesmas Pakong
Puskesmas Pakong
Klinik Pratama Shinta
Klinik Pratama Shinta

Survey lokasi pada Sub Kegiatan Verifikasi Lapangan Untuk Memastikan Pemenuhan Persyaratan Administrasi dan Teknis Penyimpanan Sementara Limbah B3 sampai saat ini telah terlaksana ke Beberapa Fasyankes yang terdiri Puskesmas Batumarmar, Puskesmas Pasean, Klinik Pratama Melia Medika, Puskesmas Waru, RSUD Waru, Puskesmas Tampojung Pregi, Klinik Pratama dr. Fajar Habibi, Puskesmas Pegantenan, Puskesmas Kadur, Puskesmas Bulangan Haji, Puskesmas Pakong, Klinik Pratama Kesehatan Sumber Bungur Pakong, Klinik Pratama Shinta, Klinik Kasih Bunda dan Klinik Pratama An-Nur, serta beberapa Praktek Mandiri yang terdiri Praktek Dokter Mandiri ( dr.Sistri Ajeng Gusti M, dr. Erfina Eka Fitri, dr. Akhmad Kusairi, dr. Ach Fajar, dr. Herin Adilah Ristin, dr. Amin Kamaril Wahyudi, dr. Sholichatus Sa’diyah, dr. Miliyatul Farizah, dr. Yenny Purwoyati Haeruni, dr. Alfan Jauhari, dr. Fahmi, dr. Ayu Fitriawati, dr. H. Syaiful Taufan, dr. Diah Verawati, dr. Fitria, dr. Anisatul Mamnuhah, dr. Deddy Fransisca, drg. Vivin Yulianita), Praktek Bidan Mandiri (Mulyati Ningsih, S.ST, Siti Rukmini, S.Tr.Keb, Kiptiyah, S.ST, Nor Fatimah, A.Md.Keb, Hosnol Khotimah Yuliastian, A.Md.Keb, Fauziyah, A.Md.Keb, Zainul Milah, A.Md.Keb, Fitriyah, A.Md.Keb, Luluk Kridiwanti, A.Md.Keb, Siti Nurul Fatimah, S.ST, Maitiyah, A.Md.Keb, Yuni Sri Rahayu, A.Md.Keb, Sri Wahyuni Fatmawati, S.ST, Hj. Ratna Lindasari, A.Md.Keb, Hj. Muti’ah, S.ST, Leny Novi Riana, S.ST), dan Praktek Perawat Mandiri (Ach. Marul Saleh, A.Md.Kep, Jamilatul Jannah, A.Md.Kep, Ahmad Zaifur Rahman, A.Md.Kep, Suman, A.Md.Kep, Syamsul Bahri, A.Md.Kep, Fatimatuzzahrah, A.Md.Kep, Hasibuddin, A.Md.Kep, Sri Astutik, A.Md.Kep.Ns, Rusmiarni Wulandari, S.Kep.Ns, Rohelah, A.Md.Kep, Hendri Noverli, A.Md.Kep, Yayuk Ismi Irawati, S.Kep.Ns, Rahmad Wahyudi, S.Kep.Ns, Bustami, A.Md.Kep, Erfan Hidayat, A.Md.Kep, Rahmad Wahyudi, S.Kep.Ns, Ns Imroatun Nihayatus Sakinah, S.Kep, Nurun Na’em, A.Md.Kep, Moh. Sukron, S.Kep). Kunjungan ini dilakukan untuk melihat kepatuhan Fasilitas Pelayanan Kesehatan (Rumah Sakit Umum/Swasta, Puskesmas, Klinik, dan Laboratorium) dan Praktek Mandiri (Dokter, Bidan dan Perawat) terkait dengan Limbah B3 medis, apakah sudah sesuai dengan peraturan yang berlaku atau tidak dan juga apakah Fasyankes dan Praktek Mandiri terkait pelaksanaannya sesuai dengan prosedur yang ada. Setiap pelaksanaan Sub Kegiatan Verifikasi Lapangan Untuk Memastikan Pemenuhan Persyaratan Administrasi dan Teknis Penyimpanan Sementara Limbah B3 yang dilakukan ini, staf yang bertugas selalu melakukan pencatatan hasil Limbah B3 setiap kunjungan, melihat apakah tempat penyimpanan Limbah B3 sesuai dengan peraturan yang berlaku, mengecek manifes antara fasyankes dengan pihak B3 dan masih banyak lagi. Survey Lokasi ini dilakukan selama Bulan Maret 2021.

Tentunya kunjungan ini dilakukan oleh Kepala Bidang Pengelolaan Sampah, Sarana dan Prasarana Persampahan dan Limbah B3, Sahuri, SH, MM, Kepala Seksi Penangangan Limbah B3, Yuniar Prasvita Nasir, S.Sos, dan beberapa staf yang membidangi. Kunjungan ini dilakukan sesuai dengan jadwal yang sudah dibuat oleh bidang pengelolaan Sampah dan Limbah B3, dan ini dilakukan karena kewajiban/kegiatan rutin dari DLH agar para Fasyankes dan Praktek Mandiri yang belum memenuhi atau ada kesalahan dalam pelaksanaannya dapat memperbaiki sehingga sesuai dengan peraturan yang berlaku, atau agar beberapa Fasyankes dan Praktek Mandiri jelas tentang prosedur yang harus dimiliki, mulai dari izinnya, pembuangan limbahnya serta beberapa prosedur yang lainnya.

Praktek Perawat Mandiri Nurun Naim, Amd.Kep Ds.Kartagenah Dajah
Praktek Perawat Mandiri Nurun Naim, Amd.Kep Ds.Kartagenah Dajah
Praktek Perawat Mandiri Rahmad Wahyudi Dsn Deleman Ds Kadur
Praktek Perawat Mandiri Rahmad Wahyudi Dsn Deleman Ds Kadur
Praktek Perawat Mandiri Rahmad Wahyudi Dsn Deleman Ds Kadur

NB :

  • Jumlah Fasyankes yang telah dikunjungi 15 Lokasi
  • Jumlah Praktek Mandiri (Dokter, Bidan dan Perawat) yang telah dikunjungi 57 Orang/Lokasi

Penanggung Jawab Berita :

Sekretariat DLH Kab. Pamekasan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *