DLH Lakukan Kegiatan Pemantauan dan Pengawasan Beberapa Puskesmas dan Klinik terkait Limbah B3

(Pamekasan, 14/09/2020) Kegiatan Pemantauan dan Pengawasan terkait Limbah B3 pada hari ini dilakukan di beberapa Klinik dan Puskesmas. Tentunya beberapa staf yang mempunyai tugas langsung terjun ke lapangan dengan tujuan yang sudah ditentukan untuk dilakukan pemantauan dan pengawasan terkait Limbah B3 nya.

Pemantauan dan Pengawasan terkait Limbah B3 rutin dilakukan, dan pada hari ini dilakukan di Klinik Rawat Inap Utama Siti Aisyah, Puskesmas Larangan Badung. Sebelumnya pun juga melakukan Pemantauan dan Pengawasan Limbah B3, diantaranya pada tanggal 3 September 2020 dilakukan di Puskesmas Pademawu, Puskesmas Galis, Puskesmas Talang. Dan pada tanggal 16 September 2020 DLH juga melakukan Pemantauan dan Pengawasan terkait Limbah B3 di RSU Moh. Noer Pamekasan. Pengawasan ini dilakukan untuk melihat kepatuhan puskesmas, klinik dan laboratorium yang mencakup dalam Fasyankes (Fasilitas Pelayanan Kesehatan) terkait dengan Limbah B3 medis, apakah sudah sesuai dengan peraturan yang berlaku atau tidak dan juga apakah fasyankes terkait pelaksanaannya sesuai dengan prosedur yang ada. Setiap pelaksanaan Pemantauan dan Pengawasan yang dilakukan ini, staf yang bertugas selalu melakukan pencatatan hasil Limbah B3 setiap kunjungan, melihat apakah tempat penyimpanan Limbah B3 sesuai dengan peraturan yang berlaku, mengecek manifes antara fasyankes dengan pihak B3 dan masih banyak lagi.

Tanggal 3 September 2020 Puskesmas Galis
Tanggal 3 September 2020 Puskesmas Pademawu
Tanggal 3 September 2020 Puskesmas Talang
Tanggal 16 September 2020 RSU Moh. Noer Pamekasan
Tanggal 16 September 2020 RSU Moh. Noer Pamekasan

Tentunya kunjungan ini dilakukan oleh Kepala Bidang Pengelolaan Sampah dan Limbah B3, Sahuri, SH, MM, Kepala Seksi Penangangan Limbah B3, Yuniar Prasvita Nasir, S.Sos, dan beberapa staf yang membidangi. Pengawasan ini dilakukan sesuai dengan jadwal yang sudah dibuat oleh bidang pengelolaan Sampah dan Limbah B3, dan ini dilakukan karena kewajiban/kegiatan rutin dari DLH agar para fasyankes yang belum memenuhi atau ada kesalahan dalam pelaksanaannya dapat memperbaiki sehingga sesuai dengan peraturan yang berlaku, atau agar beberapa fasyankes jelas tentang prosedur yang harus dimiliki, mulai dari izinnya, pembuangan limbahnya serta beberapa prosedur yang lainnya.

Penanggung Jawab Berita :

Sekretariat DLH Kab. Pamekasan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *