DLH lakukan Pembongkaran Tempat Penampungan Sampah Sementara (TPS)

(Pamekasan, 02/09/2020) Pemkab Pamekasan tentunya tetap fokus melakukan upaya penanggulangan Sampah, bagian dari pemkab pamekasan yang bertanggung jawab besar untuk menanggulangi sampah adalah dari Dinas Lingkungan Hidup. Keinginan Bupati Pamekasan ingin menjadikan Pamekasan sebagai Kota Cantik, dengan memperindah taman-taman dan tentunya juga ingin membebaskan Pamekasan dari masalah Sampah.

Pada hari ini dilakukan Pembongkaran Tempat Penampungan Sampah Sementara yang berada di Desa Jalmak Kecamatan Pamekasan Kabupaten Pamekasan. Pembongkaran TPS ini merupakan inisiatif dari Dinas Lingkungan Hidup Kab. Pamekasan, karena banyak nya warga yang melakukan pembuangan sampah di pinggir jalan yang mengakibatkan akses jalan di Desa Jalmak tersebut membuat pengendara yang melintas terganggu akibat bau yang kurang sedap dan berserakannya sampah yang membuat jalan raya tempat akses pengendara menjadi kotor dan kumuh.

Tujuan dilakukannya pembongkaran ini, agar masyarakat sekitar tidak lagi membuang sampah di pinggir jalan yang menyebabkan jalan tersebut terlihat kumuh dan tidak terawat serta tidak lagi menganggu pengguna jalan yang melintas serta pembuangan sampah di pinggir jalan ini sudah tercantum di dalam Perpres tentang larangan pembuangan sampah di pinggir jalan. DLH juga mengarahkan kepada seluruh masyarakat sekitar melalui penyampaiannya dengan Sosialisasi ke Kelurahan dan seluruh Warga agar pembuangan sampah dilakukan kerja sama dengan Tempat Pengelolaan Sampah berbasis 3R Reuse, Reduce, dan Recycle (TPS3R) yang terdekat.

Tentunya tujuan pembongkaran ini juga berpengaruh terhadap sistem pengurangan sampah yg masuk ke TPA bisa terkurangi, karena jika warga bekerja sama dengan TPS3R maka sampah yang sudah masuk di TPS3R di olah dan tidak perlu melakukan pembuangan ke Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) lagi. Jika warga sekitar masih melakukan pembuangan ke TPS yg berada di pinggir jalan tersebut maka mustahil warga mau bekerja sama dengan TPS3R terdekat. Pembongkaran ini dilakukan di seluruh Pamekasan yang masih mempunyai TPS yang berada di Pinggir Jalan. Karena TPS yang berada di pinggir jalan itu sudah dilarang oleh Peraturan Perundang-Undangan yang berlaku.

Penanggung Jawab Berita :

Sekretariat DLH Kab. Pamekasan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *