Ecobrick Salah Satu Cara Pemanfaatan Sampah Plastik

Pamekasan (09/07/2019), Untuk mewujudkan pamekasan sebagai kota cantik dan meminimalisir sampah plastik,  Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Pamekasan mengadakan sosialisasi tentang ecobrick salah satu cara untuk memanfaatkan sampah plastik. Aksi ini dilakukan di Desa Padelegan Kecamatan Pademawu Kabupaten Pamekasan, yang merupakan suatu program dari Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Pamekasan. Mungkin istilah ecobrick hanya sebagian masyarakat yang memahaminya, maka dari itu DLH Kab. Pamekasan mengadakan sosialisasi pembuatan ecobrick ini. Cara membuat ecobrick sangat mudah, hanya dengan menyimpan sampah rumah tangga yang berbahan plastik yang bersih lalu dimasukkan ke dalam botol plastik.

Dalam aksi ini, para undangan sangat antusias mengikutinya, Mulai dari memilih dan memilah, membersihkan sampai memasukkan sampah plastik ke dalam botol plastik. Dalam  aksi ini dihadiri dan di pimpin langsung oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Pamekasan, Bapak Amin Jabir, ST dan juga Kepala Seksi Bidang Pengelolaan, Penanganan, dan Pengurangan Sampah, Bapak Buyung Sebastian, ST beserta stafnya.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup mengatakan, “Diadakannya sosialisasi ini, guna meminimalisir sampah yang menjadi permasalahan di lingkungan yang ada. Dan salah satu masalah terbesar di indonesia yaitu permasalahan sampah plastik, maka dari itu upaya kami mengadakan sosialisasi ini agar masyarakat paham bahwa tidak semua sampah itu tidak berguna, justru sampahlah yang menjadi income terbesar jika paham akan pengelolaannya, mari kita mengubah sampah menjadi berkah.”

Harapan dari Dinas Lingkungan Hidup Pamekasan agar permasalahan sampah ini khususnya sampah plastik tidak terjadi lagi, dan juga bisa membantu perekonomian masyarakat yang memiliki keterbatasan kemampuan dengan terselenggaranya program ecobrick ini.

 

Penanggung Jawab Berita :

Sekretariat DLH Kabupaten Pamekasan

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *